Rabu, 13 April 2016

Se-universal Apakah Musik?

Hampir semua orang menganggap musik adalah bahasa universal. Saya sendiri belum bisa membuktikan secara ilmiah dari mana ungkapan itu muncul pertama kali. Bagi saya hanya ada dua yang bisa dijadikan sebagai bahasa universal: bahasa Inggris dan sepakbola.

Musik bukanlah kebutuhan primer manusia. Anehnya hampir setiap orang pula suka musik (termasuk saya), entah itu musik klasik, blues, jazz, pop, rock, R&B, dan lain-lain. Bahkan seorang Hitler pun memiliki jiwa musik dalam dirinya. Menurut Hitler, musik-musik Jerman yang agung adalah musiknya Beethoven, Richard Wagner, dan Anton Bruckner. Katanya musik mereka melambangkan kejantanan dan keberanian. Secara tidak langsung, musik merupakan kekuatan yang mampu menggerakkan dunia.

Seperti halnya lagu Imagine yang diciptakan oleh John Lennon. Lagu tersebut tercipta dari etos kemanusiaan Lennon, dan telah menjadi lagu perdamaian di berbagai penjuru dunia. Atau coba dengarkan lagu Bob Dylan yang penggalan liriknya berbunyi "God's on our side, he'll stop next war." Lagu-lagu karya Dylan berhasil menjadi pembakar semangat sekaligus pelipur lara.

Mungkin inilah alasan yang menyebabkan musik bisa dikatakan sebagai bahasa universal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar